makanan daerah indonesia yang unik di Papua

loading...

ULAT SAGU

ulat sagu

Menu yang satu ini bisa golongan juga sebagai salah satu makanan ekstrim karena makanan daerah indonesia yang unik di Papua  ini adalah Ulat Sagu. Mungkin mendengar kata ulat saja kita mungkin sudah jijik apalagi jika harus dijadikan santapan makanan  mungkin kita akan berpikir dua kali lipat untuk menyantapnya. Tapi itu tak berlaku untuk orang Papua, karena ternyata ulat sagu merupakan salah satu makanan favorit disana.

Sesuai dengan namanya ulat sagu pasti berasal dari pohon sagu, nama latin nya rhynchophorus ferrugineus, nah kalau masyarakat papua menyebutnya “Koo”. Ulat ini berasal dari pohon sagu yang telah ditebang untuk diambil sagunya, dan biasanya batang pohon sagu tersebut akan dibiarkan begitu saja sehingga  membusuk dengan sendirinya, disitulah akan mulai bermunculan ulat-ulat yang dikenal dengan nama ulat sagu. Cara pengambilannya pun hanya menggunakan alat tradisional seperti kapak yang digunakan untuk membelah batang pohon sagu tadi, karena ulat sagu akan hidup di dalam atau dicelah-celah batang pohonnya.

pohon sagu

Meskipun makanan ini terlihat memjijikan namun ulat sagu ini konon katanya memiliki rasa rasanya manis ada pula yang mengatakan tawar tapi beraoma seperti nangka, lunak namun agak kenyal dan berlemak, lezat dan tekturnya tektur kulitnya seperti karet namun yang paling pengting kandungan gizi dan vitaminnya cukup bagus, bebas kolesterol dan berkadar protein tinggi (9,34 %) maksudnya ditiap 100 gram ulat sagu mentah yang akan dimasak mengandung  protein sekitar 9,34%, juga terdapat beberapa kandungan asam amino esensial, seperti asam aspartat (1,84%), asam glutamat (2,72%), tirosin (1,87%), lisin (1,97%), dan methionin (1,07%).

 

 

Pada sebagian masyarakat papua ulat sagu ada yang di makan mentah ada pula yang diolah terlebih dahulu seperti di sate, di tumis, di bungkus daun seperti pepes atau di goreng.

sate ulat sagu

tumis ulat sagu

Itulah makanan daerah indonesia yang unik di Papua  ini adalah Ulat Sagu, semoga informasi ini bermanfaat
loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...